About

About Us

Jagung Jakarta Hilton International Hotel secara resmi berubah nama menjadi The Sultan mulai Rabu (23/8). Pergantian nama tersebut menandai pemutusan kontrak hotel tersebut dengan jaringan Hilton International.

The Sultan kemudian dikelola oleh Singgasana Hotels dan Resorts, perusahaan pengembang dan properti Indonesia yang sudah berdiri sejak 2001.


Jakarta Hilton International Hotel secara resmi berubah nama menjadi The Sultan mulai Rabu (23/8). Pergantian nama tersebut menandai pemutusan kontrak hotel tersebut dengan jaringan Hilton International.

The Sultan kemudian dikelola oleh Singgasana Hotels dan Resorts, perusahaan pengembang dan properti Indonesia yang sudah berdiri sejak 2001.

General Manager The Sultan Jim Boyles mengatakan, dengan status yang ada sekarang, pihaknya akan memiliki kebebasan untuk lebih menonjolkan diri diantara grup-grup hotel internasional di Jakarta. Sesuai nama baru yang dipilih, pengelola The Sultan akan menerapkan konsep-konsep yang diadosi dari budaya Jawa. ''Di seluruh aspek acara, perayaan, dan pelayanan,'' jelasnya dalam jumpa pers peresmian nama baru, di Jakarta, Rabu (23/8).

Chief Operating Officer Singgasana Nizar Sungkar menambahkan, pilihan berganti nama sekaligus berganti pengelola itu murni berdasarkan keinginan untuk mendapatkan kebebasan pengelolaan sendiri. Pilihan kami sepenuhnya, terutama untuk mengembangkan budaya sendiri, ujarnya. Dia tidak bersedia menjelaskan batasan apa yang berlaku saat pengelolaan masih di bawah sistem lama.

Kebutuhan biaya renovasi akan disesuaikan dengan kebutuhan. Nizar mengatakan, alokasi dana awal renovasi yang sudah disiapkan saat ini sebesar Rp100-150 miliar.

Direktur Komunikasi dan Hubungan Masyarakat The Sultan Hotel Emeraldo Parengkuan optimistis bahwa pemasaran tidak akan terganggu oleh pergantian nama hotel. Brand tidak menjadi pertimbangan utama pasar,
ujarnya. Pemahaman tersebut, kata dia, berdasarkan hasil survei oleh insititusi independen dalam rangka pergantian nama. Yang menjadi pertimbangan pasar, Emeraldo mengutip hasil survei, adalah fasilitas, lokasi dan pelayanan.

Dua hotel di Surabaya dan Bali yang sebelumnya dikelola oleh Hilton International juga akan dikelola Singgasana Hotels dan Resorts. Dalam waktu dekat Bali Hilton International Hotel secara resmi akan berganti nama menjadi The Ayodya. Sedangkan Singgasana Hotel Surabaya sudah menggantikan nama Surabaya Hilton International Hotel sejak bulan lalu.